Cara Gampang Memasak Kue Mangkok/Apem Mekar Tepung Beras Anti Ribet!

Kue Mangkok/Apem Mekar Tepung Beras

Coba resep kue mangkok/apem mekar tepung beras sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hidangan kue mangkok/apem mekar tepung beras ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Kebanyakan orang tidak berani memasak kue mangkok/apem mekar tepung beras karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue mangkok/apem mekar tepung beras! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Teman-teman dapat menghidangkan kue mangkok/apem mekar tepung beras hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin kue mangkok/apem mekar tepung beras yuk!

Untuk menyiapkan Kue Mangkok/Apem Mekar Tepung Beras, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut :

  • Gunakan 150 gr of tepung beras.
  • Siapkan 25 gr of tepung terigu.
  • Ambil 1 sdt of ragi.
  • Ambil 1 sdt of baking powder.
  • Dibutuhkan 300 ml of air hangat kuku.
  • Sediakan 125 gr of gula pasir.
  • Diperlukan 150 gr of tape, buang seratnya dan haluskan.

Proses menyiapkan Kue Mangkok/Apem Mekar Tepung Beras :

  • Campur gula dan air hangat kuku, aduk rata. sisihkan
  • Campur terigu, tepung beras, tape dan masukan air larutan gula, aduk rata kemudian masukan ragi. Diamkan selama 30 menit sampai berbuih, tutup dengan kain. setelah 30 menit kemudian masukan baking powder, aduk rata. Panaskan kukusan dengan API BESAR, isi air secukupnya (jangan terlalu banyak ataupun sedikit) dan lapisi tutupnya dengan kain.
  • Cetakan jangan diolesi minyak biar kue nya bisa mekar. Isi pada masing-masing cetakan dengan 3 sendok makan adonan. kemudian kalo kukusan sudah berupa banyak dan air nya mendidih, masukan cetakan yang telah berisi adonan. kukus selama 15 menit. jangan intip-intip ya biar mekar cantik :D
  • Kalo udah 15 menit, biarkan agak dingin, baru keluarkan dari cetakan dengan hati-hati, saya pake bantuan lidi untuk mengeluarkan kue nya dari cetakan

Mudah bukan membuat kue mangkok/apem mekar tepung beras? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.